Memahami Apa itu Teks Prosedur dan Contohnya

Teks Prosedur dan Contohnya-2

Agar dapat menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan pastinya kita memerlukan prosedur atau langkah-langkah yang tepat. Oleh karenanya untuk itulah teks prosedur dibutuhkan. Bahasa Indonesia sendiri pastinya memiliki banyak contoh teks prosedur contoh kecilnya adalah mie instan yang bisa Anda temukan di kemasan. apa yang dimaksud teks prosedur?

Teks prosedur merupakan sebuah teks atau beberapa paragraf di mana berisi tentang prosedur atau cara untuk melakukan sesuatu. Teks prosedur ini dilakukan secara berurutan, baik untuk melakukan kegiatan tertentu maupun untuk membuat sesuatu yang disajikan. Teks prosedur biasanya terdiri dari kalimat perintah atau pola kalimat imperatif. Tidak hanya itu, kata kerja aktif pun juga digunakan dalam teks prosedur.

Selain itu, pada sebuah teks prosedur biasanya juga menggunakan kata hubung atau konjungsi dengan tujuan agar langkah-langkah dalam teks dapat dilakukan dengan benar.

Jenis-jenis Teks Prosedur

Teks Prosedur dan Contohnya-2

Adapun tujuan dari teks prosedur yaitu untuk membantu pembaca agar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat. Atau dalam artian yang lain bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Oleh karena itu, teks prosedur ini sangat penting untuk dibaca dan berguna bagi kehidupan seseorang. Namun, tahukah Anda jika teks prosedur ini terdapat beberapa jenis???

Artikel Terkait:  Rekomendasi 5 Tempat Les atau Kursus Brevet Pajak Di Surabaya yang Kredible

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana biasanya hanya berisi dua atau tiga langkah saja. Contoh teks prosedur jenis ini seperti prosedur penggunaan setrika.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan teks prosedur yang terdiri banyak langkah-langkah serta jenjang untuk tiap tahapnya. Contoh teks prosedur seperti ini adalah prosedur pembayaran tilang oleh polisi.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur satu ini merupakan jenis teks prosedur yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya cara menyalakan komputer.

Kaidah Bahasa Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai kaidah bahasa sendiri seperti teks yang lainnya. Seperti yang diulas berikut ini.

  • Kaidah pertama merupakan konjungsi temporal atau kata hubung yang menyatakan waktu kegiatan. Misalnya lalu, selanjutnya, setelah itu, berikutnya, dan lain-lain.
  • Kaidah kebahasaan kedua yaitu verba material dan tingkah laku yang mengacu pada tindakan fisik atau dalam arti lain yaitu sebuah kata kerja aktif. Sementara verba tingkah laku yaitu tindakan yang dilakukan melalui kalimat ungkapan.
  • Kaidah kebahasaan ketiga partisipasi manusia di mana merupakan manusia yang ikut serta dalam prosedur ini. Kata kerja imperatif pun terdapat pada teks prosedur ini.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Berikut ini ciri-ciri teks prosedur:

  • Biasanya bahasanya disampaikan secara rinci dan teliti
  • Informatif artinya bermaksud untuk menyampaikan sesuatu kepada para pembaca
  • Objektif artinya tidak berpihak pada satu sisi
  • Isinya berisikan langkah-langkah yang berkelanjutan
  • Disertai dengan penjelasan yang logis
  • Dan akurat
Artikel Terkait:  Cara Dan Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja ( Kuliah Dengan Biaya Sendiri)

Contoh Teks Prosedur

Berikut ini adalah teks prosedur protokol yang merupakan teks prosedur yang tidak terlalu rumit serta mudah dipahami.

#Contoh: Prosedur untuk membuat akun Gmail

Gmail adalah layanan email yang dibuat oleh Google sejak tahun 2004. Membuat akun Gmail bisa dikatakan wajib khususnya untuk semua pemilik smartphone android. Sebab tanpa akun Gmail para pengguna tidak akan bisa memasang aplikasi melalui google play store. Untuk Anda yang ingin membuat akun Gmail, berikut adalah prosedur pembuatan akun Gmail.

  • Untuk langkah pertama silakan ketikkan url Gmail.com pada address bar di browser masing-masing.
  • Setelah Anda berhasil masuk ke halaman Gmail, selanjutnya klik “create an account”
  • Selanjutnya isi formulir pendaftaran yang sesuai data pribadi Anda.
  • Berikutnya Anda akan diarahkan menuju ke halaman verifikasi akun. Kemudian isilah dengan nomor handphone yang aktif dan selanjutnya klik lanjutkan
  • Masukkan kode verifikasi pada bagian kolom yang tersedia setelah menerima pesan dari google. Nantinya google akan menerima kode verifikasi secara otomatis dan email selesai dibuat.

Itulah contoh teks prosedur singkat yang dapat membantu Anda bagi yang sedang mencari tahu maupun mempelajari tentang teks prosedur. Contoh teks prosedur di atas diharapkan bisa mempermudah Anda untuk memahami teks prosedur. Selain itu, dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa teks prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah menggunakan atau membuat sesuatu. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai teks prosedur bersama tambahpinter.com.

Artikel Terkait:  Pendidikan Kunci Pengembangan Diri di Era Revolusi Industri 2.0
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.