Mengenal Profesi Liaison Officer, Keuntungan dan Job Desc nya

Liaison Officer atau LO adalah

Liaison Officer atau yang disingkat LO adalah profesi yang bertugas menjadi penengah hubungan antara dua organisasi untuk mengkoordinasikan kegiatan atau acara. LO ini berperan sangat penting dalam struktur kepanitiaan. Hampir semua acara tidak pernah luput dari campur tangan LO ini.

Apa itu Liaison Officer atau LO?

Intinya LO adalah seseorang yang menanyakan apa yang menjadi kebutuhan narasumber dan menyampaikannya kepada tim panitia selama acara berlangsung. Liaison Officer merupakan profesi yang sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin memperluas relasi.

Keuntungan Menjadi LO atau Liaison Officer

Tidak semua orang bisa menjadi LO, tapi kalau kamu tertarik kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut.

1. Bisa Memperluas Relasi

Seperti judulnya, LO adalah jenis pekerjaan atau karir yang bisa menambah daftar relasi kamu. Bagaimana tidak, kerjaannya setiap hari menerima tamu undangan yang berbeda-beda. Bukan tamu undangan biasa, tapi kamu akan memanage tamu yang notabenenya adalah orang-orang penting.

Pada kesempatan itu, kamu bisa mengakrabkan diri dengan mereka. Yah siapa tau saja di kemudian hari mereka bisa memberikan kamu bantuan.

2. Menambah Pengalaman Baru

Bertemu dengan orang baru berarti menambah pengalaman baru juga. Melalui serangkaian jadwal acara, kamu bisa mengobrol dengan tamu undangan seputar pengalaman hidup mereka.

Bisa saja tamu undangan yang kamu layani berasal dari luar kota atau Negeri, nah pada kesempatan itu kamu bisa membahas tentang asal kota atau Negara mereka atau bagaimana cara menjadi sukses seperti mereka.

Dengan pengalaman-pengalaman seperti ini bisa membantu kamu untuk kehidupan kamu nantinya.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Iya memang percaya diri adalah modal utama untuk menjadi seorang Liaison Officer. Tentu yang berkeinginan menjadi LO sudah memiliki rasa percaya diri yang cukup. Tapi setelah berhasil menjalani profesi ini, kepercayaan diri kamu  akan jadi semakin terlatih.

Karena selalu berhadapan dengan orang-orang penting, maka kamu harus selalu tampil percaya diri dan selalu ramah kepada tamu undangan. Menjalani profesi ini tidak serta merta hanya melayani tamu dengan beberapa sapaan kata.

Kamu harus menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kompeten serta mencerminkan citra baik panitia dan acara yang diselenggarakan.

4. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Komunikasi adalah pekerjaan utama dari seorang Liaison Officer. Ketika acara sedang berlangsung, kamu harus memahami semua hal yang terkait dengan acara yang tengah dijalani. Hal ini bertujuan agar ketika kamu ditanya oleh tamu, kamu bisa langsung menjawabnya.

Dalam hal ini kamu harus bisa berbicara di depan banyak orang dengan bahasa yang mudah dimengerti. Karena sudah terbiasa, dengan begitu kemampuan public speaking kamu jadi lebih terasah.

Cara Menjadi Liaison Officer atau LO yang Baik dan Kompeten

Karena pekerjaan LO adalah menyambut narasumber sebaik mungkin, jadi seorang LO harus semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik. Nah dengan tips-tips berikut bisa membantu kamu menjadi LO yang baik.

1. Giat Bekerja

Menjadi LO adalah hal yang menyenangkan buat kamu yang suka bekerja dengan tantangan dan dengan job desc yang tak monoton , misalnya saja sebagai LO artis. Di sini tugas LO artis adalah menemani sang artis kemanapun ia pergi.

Tidak semua LO atau Liaison Officer bisa menikmati konser musik atau artis yang mereka jaga. Di sinilah profesionalitas kamu teruji. Yang utama dalam hal ini adalah niat bekerja.

Mulai dari bangun pagi, menjemput tamu, menemani selama event berlangsung, dan masih banyak lagi. Pekerjaan Liaison Officer tidaklah mudah, tapi jika kamu bekerja dengan kesungguhan dan sepenuh hati, kamu bisa lebih enjoy menjalaninya.

2. Disiplin

Dalam hal ini kamu harus disiplin dalam segala hal termasuk waktu. Sama seperti mengatur jadwal untuk diri sendiri, bedanya kamu harus menyiapkan jadwal untuk orang lain. Memastikan tamu tepat waktu menjalani aktivitasnya adalah tugas penting dari  Liaison Officer.

3. Cekatan

Jika kamu memiliki fisik yang lemah, mungkin sebaiknya ganti profesi saja, kenapa? Dalam melayani tamu kamu akan dihadapkan dengan berbagai kondisi tak terduga.

Misalnya saja tamu mengabarkan kalau dia mau keluar jam 5 sore, tapi 3 menit kemudian dia mengubahnya menjadi jam 4 sore. Jadi di sini kamu harus cekatan untuk mengatasi kondisi seperti ini.

Tamu juga adalah manusia biasa yang tidak luput dari kemungkinan mengalami sakit. Apabila tiba-tiba tamu mengalami sakit, kamu harus tau tempat berobatnya di mana dan apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama.

4. Melayani Tamu Semaksimal Mungkin

Tidak hanya bertugas memberikan pelayanan pada saat event berlangsung, tugas Liaison Officer atau LO adalah memastikan tamu merasa nyaman dengan fasilitas yang diberikan.

Beberapa tugas yang harus kamu lakukan yaitu memastikan kamar tamu sudah siap dan jangan sampai tamu mencari kamarnya sendiri.

Selain itu kamu harus memberikan run down acara dan memberikan informasi yang relevan mengenai waktu dan lokasi acara akan berlangsung. Dan yang paling penting pastikan tamu kamu tidak kelaparan.

Jika tamu sedang tidak bersama denganmu, sebaiknya kamu menghubunginya melalui telepon atau melalui chat. Sikap seperti itu akan memperlihatkan bahwa kamu adalah LO yang profesional.

5. Berpengetahuan

Selain harus tau tentang acara yang berlangsung, Liaison Officer atau LO ini juga harus banyak tau hal-hal di luar acara. Misalnya saja di dalam perjalanan, tamu bertanya mengenai gedung ini itu. Kamu tentu harus tau agar tidak dicap sebagai LO yang tidak kompeten.

6. Menjalin Keakraban

LO adalah manager tamu undangan, dengan begitu kamu sepanjang waktu kamu terus bersama dengan sang tamu. Agar suasana tidak tegang, ada kalanya kamu mengobrol santai dengan si tamu.

Bahkan dari beberapa pengalaman yang ada, banyak tamu yang akan menghadiri acara penting yang membuat mereka merasa tegang. Nah tugas kamu adalah mencairkan suasana sebaik mungkin agar tamu percaya diri menghadiri acara nanti.

Job Description Liaison Officer atau LO

LO berperan sebagai manager tamu atau narasumber dalam sebuah acara. Yang menjadi alasan memilih divisi LO adalah agar tamu dapat melangsungkan acara dengan terstruktur. Contohnya pada LO wisuda, kamu harus bisa memanage tamu misalnya, dosen undangan agar dapat sampai tepat waktu dan menyiapkan hal-hal lain.

Perlu kamu tau bahwa menjadi Liaison Officer atau LO tidaklah mudah, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam cobaan, misalnya tamu kamu adalah seorang artis yang akan mengadakan sebuah konser. Ada banyak LO yang tidak profesional melakukan kesalahan seperti keasyikan  nonton konser sampai lupa pekerjaan.

Jika kamu tidak teliti dalam hal pekerjaan kamu, jangan heran nantinya jasa kamu tidak dipakai lagi. Begitulah seorang LO, profesionalitas, disiplin, dan sigap adalah hal utama yang harus dimiliki. Peranan LO memang penting, bahkan arti lo dalam pemilu sangat berpengaruh untuk mendukung para paslon.

Sebenarnya Liaison Officer atau LO adalah profesi yang sederhana. Yang terpenting kamu harus selalu tersenyum, ramah, berpengetahuan dan siap mengatasi segala masalah yang mungkin akan terjadi. Keuntungan menjadi LO yang paling penting adalah bisa memperluas relasi kamu.

Sumber :

https://www.idntimes.com/life/career/langgeng-irma-salugiasih/7-manfaat-yang-bakal-kamu-dapatkan-dengan-menjadi-liaison-officer-c1c2/5

https://www.trans7.co.id/seven-updates/7-keuntungan-menjadi-liaison-officer

https://kumparan.com/kumparanhits/tips-jadi-lo-handal-ala-ebby-sibuea/full

 

0 Shares:
22 comments
  1. Aku baru tau banget LO itu ada kepanjangannya yah yaitu Liaison Officer. Dulu waktu SMA sering banget jadi LO di event atau acara tertentu, sekali ditunjuk langsung ketagihan terus baik diminta ataupun mengajukan sendiri hha. Ih bener banget kata Mb Rini, jadi LO itu banyak banget manfaatnya terutama dalam membangun relasi ataupun pengalaman, dan sampai saat ini pun jadi saling membutuhkan satu sama lain. Dari yang gak kenal jadi udah kek sodara kalau ketemu, LO mirip-mirip asisten pribadi yaa wuehehe

  2. Baru tau tenyata ada namanya ya. Biasanya cuma tau PIC atau penanggung jawab. Posisi ini emang challenging banget soaolnya butuh skill komunikasi biar lancar acaranya ya.

    1. Aku pernah jadi LO pas kampusku jadi tuan rumah PIMNAS. Seru juga. Tapi melelahkan semingguan jalan kaki dari pagi sampe malam wmwk

  3. Selama ini menyebut LO tapi baru beneran eungeuh sama apa sih spesifikasi kegiatan mereka dan sebaiknya menghadirkan kualifikasi untuk seseorang yang seperti apa.

    Pantas saja kalau LO itu sebaiknya beneran bisa mandiri, dalam artian sesederhana bisa menyetir dan manner juga attitude-nya baik biar pihak pihak yang bersinggungan dengan LO merasa nyaman.

    1. Aku punya temen yang profesi nya LO, denger ceritanya aja aku membayangkan repot dan tricky kesannya. Tapi dia enjoy aja padahal ya kalo bertemu klien yang banyak permintaan nya bikin pening kepala

    2. Jujur saja, ini baru pertama kalinya saya mendengar nama profesi liaison officer ini, walau sudah familiar dengan tugas-tugasnya. Dan sepertinya di suatu waktu beberapa tahun lalu, saya pernah jadi LO ini

  4. Sering banget denger LO pas di organisasi waktu kuliah tapi baru tau kepanjangannya pas baca artikel ini. Jadi LO tuh asik sih menurutku apalagi kalo jadi LO pas konser, ya setidaknya bisa lebih dekat sama bintang tamunya. Tapi, cape banget biasanya kalo artisnya banyak maunya karena harus memenuhi kebutuhan mereka juga. Setuju sih part orang yang jadi LO itu gak bisa bener-bener menikmati acara, yang ada malah harus bener ngerjain jobdesknya.

  5. Oh jadi orang yang bertugas menjembatani antara tamu atau narasumber di setiap event itu namanya Liaison Officer. Saya tahunya itu PIC. Ya mungkin tugasnya hampir sama seperti LO, hanya saja LO ternyata lebih luas manfaatnya dan juga bisa menjadi alternatif untuk mengembangkan relasi..

  6. Berjalannya acara dengan baik juga salah satu campur tangan dari LO yang kompeten, ya. Apalagi acara besae seperti wisuda atau mungkin serah terima jabatan dan lainnya. Menjadi seorang LO juga harus tahan banting, karena klien itu sifatnya berbeda-beda.

  7. Baca ini kok saya pengen nyoba merambah pekerjaan ini
    Mau coba challenge diri apakah dengan ciri LO itu sudah bisa saya lakukan atau tidak
    Menambah pengalaman baru dan bisa bekerja maksimal itu prestasi

  8. Wah saya baru tahu ada nama khususnya. Biasanya saya mah tim riweuh aka general affair yg ngurus banyak hal

  9. Profesi ini yang paling menarik untuk saya adalah bisa melatih cara berkomunikasi , secara saya suka gugup kalau berhadapan dengan banyak orang, hehehe

  10. waktu kuliah master, saya sering jadi LO ini di beberapa kegiatan kampus, seru sih memang betul dapat ilmu banyak jadinya dan nambah channel

  11. profesi yang kugeluti saat di kepanitiaan suatu forum dulu. Kami biasanya diberi tugas untuk sebagai LO pembicara juga. Mulai dari sana banyak mendapatkan manfaat, teknik komunikasi dan kepercayaan diri juga.

  12. LO aku kira seperti EO, ternyata beda ya.. Jadi tau nih ada karir job LO.. Sepertinya menarik ya karier LO, bisa nambah wawasan, teman, hingga relasi.. Keren nih, thanks infonya..

  13. Aku membacanya sambil mengingat film drama korea Sekretaris Kim. Hehehhee.
    Menarik ya, tapi jadi muncul pertanyyan..inikerjaan bisa ga y buat orang introvert hehhe.

    Melihat kebutuhannya orang ekstrovert tampaknya akan mendominasi pekerjaan ini.

    Tapi, melihatcara kerja profesional yang dijabarkan tak hanya saat berhadapan kondisi tak nyaman tapi tuntutan komoetensinya juga sangat diperhatikan ya sebagai LO

  14. Wah Mbak saya baru tahu mengenai profesi Liaison Officer atau LO dari baca artikel Mbak ini. Jadi ini profesi yang berhubungan dngan melayani tamu dan perlu punya keterampilan khusus ya seperti yang sudah disebutkan di atas, harus disiplin, cekatan dan lain-lain.

    Namun selain itu apakah untuk menjadi LO ini memang ada penjurusannya di perkuliahan atau gimana?

  15. Baru tau kalau LO bisa jadi job. Selama ini cuma tau LO kalau diacara kepanitiaan jaman kuliah aja kak.

  16. Selama ini cuma tau kerjaannya doang, tapi gk pernah tahu sebutan/nama kerjaannya apa, heheheh

  17. Sering dengar LO kalau ad event tapi baru tau LO itu apa hahah, salut deh sama org yang Berkecimpung di dunia ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.