Wajib Kamu Tahu, Ini Dia 6 Keuntungan Merawat atau Service AC Secara Rutin

Merawat-AC-Secara-Rutin (1)

Peralatan elektronik menjadi kebutuhan penting yang hampir selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari kegiatan bekerja, pendidikan, berbisnis, transportasi, hingga kegiatan rumah tangga lainnya. Salah satunya yaitu penggunaan AC yang kini cukup umum digunakan pada rumah pribadi. Apalagi semenjak masyarakat menjalankan work from home atau WFH, penggunaannya pun makin meningkat.

Tak jarang, AC digunakan dalam waktu yang cukup lama dan hampir tak kenal waktu. Pemakaian AC seperti ini bisa menyebabkan peningkatan tagihan listrik yang makin membengkak. Bahkan mungkin saja, hal ini bisa menyebabkan perubahan kondisi AC yang cukup signifikan. Maka dari itu, sangat penting dilakukan service AC secara berkala untuk menjaga kondisinya tetap optimal. Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang akan kamu dapatkan jika melakukan service secara rutin.

Keuntungan Melakukan Service AC Secara Rutin

Merawat-AC-Secara-Rutin

 

Melakukan service AC secara rutin, tentunya akan memberi banyak keuntungan bagi kamu. Nah, berikut ini berbagai keuntungan merawat AC secara rutin, yang akan mengoptimalkan penggunaannya di rumah.

1. Udara di ruangan tetap bersih dan segar

Salah satu manfaat dari penggunaan AC yakni sebagai penyaring partikel dan debu pada udara di dalam ruangan. Dengan adanya filter tersebut, tentu udara menjadi lebih bersih dan segar sehingga mendukung kualitas hidup yang sehat. Namun manfaat ini bisa didapatkan jika AC dalam kondisi yang optimal dan tidak bermasalah.

Artikel Terkait:  Jangan Asal Pilih, Kenali 3 Resiko Menggunakan Kacamata Hitam Abal-abal Berikut Ini!

Karena jika AC tak terawat bisa menyebabkan evaporator bermasalah dan kemampuan AC sebagai filter menurun. Tentu kamu berharap penggunaan AC bisa memberikan udara yang bersih dan segar, serta suhu yang dingin bukan?

2. Menstabilkan suhu AC tetap dingin

Kemampuan AC dalam menjaga suhu ruangan tetap dingin, disebabkan filter yang berfungsi secara optimal. Usahakan filter tetap dalam keadaan bersih dan terhindar dari kotoran. Karena jika sampai kotoran pada filter terlalu banyak, bukan tidak mungkin kotoran akan tertempel di pipa evaporator.

Maka dari itu, rutinlah dalam melakukan service AC untuk tetap mempertahankan suhu dingin yang dihasilkan.

3. Suara AC lebih pelan

Keuntungan selanjutnya jika kamu rutin melakukan perawatan dan pengecekan kondisi AC, yaitu suara yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu. Karena beberapa orang pasti pernah mengalami suara AC menjadi mendengung dan berisik. Tentu saja hal ini sangatlah mengganggu, apalagi jika suaranya terdengar saat jam tidur.

Penyebab munculnya suara berisik inipun beragam, contohnya seperti kerusakan pada kompresor, motor fan, ataupun karet stabilizer. Selain itu bisa juga karena baut kendor dan terlepas, serta karet dudukan kompresor yang telah habis. Permasalahan ini tentu tidak akan kamu alami, jika rutin melakukan perawatan kondisi AC dengan jasa perbaikan profesional.

4. Lebih hemat biaya

Beberapa dari kamu, mungkin beranggapan bahwa melakukan perawatan rutin bisa menambah pengeluaran. Padahal sebaliknya, hal ini justru bisa menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik.

Artikel Terkait:  Opini Tentang Lawakan Komika Indonesia Berbau Sara - Jojo dan Gepang

Lantaran kondisi yang kotor bisa meningkatkan kinerja AC menjadi lebih berat. Sehingga logikanya jika kondisi AC terawat, kinerjanya juga akan lebih ringan dan listrik lebih stabil. Dengan begini, pengeluaran tagihan listrik untuk AC juga lebih sedikit.

5. Memperpanjang masa pemakaian

Pernahkah kamu memperhatikan buku panduan yang tersedia ketika membeli AC baru? Dalam penggunaannya, biasanya kamu akan dianjurkan untuk mencuci AC secara rutin 3 – 6 bulan sekali. Namun faktanya, banyak orang mengabaikan anjuran penting ini. Sehingga tak jarang AC kerap mengalami kerusakan dan kinerjanya kurang optimal.

Jika sudah begini, tentu masa pemakaian juga tidak bisa bertahan lama. Solusinya adalah dengan melakukan perawatan mandiri, serta rutin melakukan service AC.

6. Mencegah terjadinya kebocoran

Jika terlalu banyaknya kotoran yang menumpuk di pipa evaporator. Dan dibiarkan terlalu lama, maka kotoran ini bisa menempel dibagian belakang evaporator. Efeknya, air tidak masuk dalam saluran pembuangan.

Maka, kamu harus bersiap siap blower ac akan menyemburkan air. Jika sudah demikian, yang terjadi ac kamu perlu dilakukan pemeriksaan secara teliti (overhoul) dengan cara membongkar ac atau biasa disebut service besar.
Selain karena kotoran, penyebab terjadinya bocor adalah karena pipa yang retak atau pecah.

Jika terjadi seperti ini, segeralah memanggil jasa perbaikan atau service AC. Atau untuk mencegah permasalahan AC bocor, sebaiknya rutinlah melakukan perawatan AC.

Artikel Terkait:  Mudahnya Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan E-Klaim

Itulah tadi beberapa keuntungan jika kamu rutin melakukan perawatan AC. Beberapa perawatan bisa dilakukan sendiri, namun jangan lupa juga untuk melakukan service secara rutin oleh tenaga yang sudah alhi di bidangnya.

Pilihlah penyedia jasa service AC yang terpercaya bersama ELOBANA TEKNIK. Perusahaan jasa service ini menawarkan staf ahli yang profesional dalam menangani permasalahan AC.

Selain itu, ada banyak keuntungan lain jika kamu memilih penyedia jasa perbaikan di ELOBANA TEKNIK. Mulai dari sistem order jasa mudah dan cepat, serta waktu yang bisa menyesuaikan. Atau disini ada yang tinggal di bintaro, kamu juga bisa menggunakan jasa service ac bintaro di ELOBANA. Jadi bagi kamu yang tengah mencari jasa service untuk AC, ELOBANA TEKNIK bisa jadi solusi tepat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.