Kapan Usia Ideal Untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Anak

Kapan Usia Ideal Untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris – Mama dan Papa bingung kapan waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris anak? Hal ini wajar, sebab di era milenial ini sudah sangat banyak orang tua yang mengajarkan Si kecil bahasa asing sedini mungkin. Selain karena tuntutan zaman, juga karena menurut studi anak-anak yang mempelajari lebih dari satu bahasa akan lebih kreatif serta fleksibel dalam pemikiran.

Namun bukan berarti belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini benar-benar dilakukan saat ia mulai lancar berbicara. Ada saat yang lebih tepat dengan mempertimbangkan masa golden age dan efek samping ketika Si kecil harus belajar multilingual. Seperti peleburan dari dua bahasa yang dipelajarinya. Hal ini wajar dan akan hilang dengan sendirinya ketika pemahamannya sudah lebih baik.

Kapan Waktu yang Tepat Belajar Bahasa Inggris Anak?

Seperti yang kita tahu, bahwa masa golden age ada pada 0-6 tahun. Dimana daya serap otak Si kecil sedang dalam kondisi optimal. Namun usia 3 tahun menjadi saat yang tepat untuk Mama dan Papa serius menerapkan belajar bahasa Inggris anak. Hal yang harus diperhatikan, metode serta suasana dalam pembelajaran harus mendukung dan tidak membuat Si kecil bosan apalagi tertekan.

Tidak salah sebenarnya jika ingin mengajarkan bahasa Inggris sebelum usia 3 tahun. Hanya saja jika Si kecil baru mulai belajar atau lancar berbicara dan dihadapkan dengan beberapa bahasa berbeda, dikhawatirkan terjadi kebingungan bahkan menyebabkan speech delay.

Sebenarnya tidak ada usia khusus untuk memulai belajar multilingual, tetapi beberapa penelitian di luar negeri mengatakan jika usia di atas 10 tahun akan lebih sulit menyerap banyak kosakata baru. Maka akan lebih baik jika Si kecil belajar multilingual sebelum itu.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Anak yang Benar?

Belajar Bahasa Inggris Anak

Untuk mulai mengajarkan bahasa Inggris pada Si kecil, ada beberapa cara yang bisa Mama Papa ikuti. Sebab, membuat Si kecil mau belajar, terbiasa dan menjadi paham tergantung pada metode pembelajaran yang Mama Papa terapkan. Agar bisa memperoleh hasil maksimal, Mama Papa bisa coba terapkan beberapa langkah berikut ini.

1. Belajar Bersama dan Rutin

Jika Mama Papa ingin mengajarkan bahasa Inggris sejak dini, tentu harus menyenangkan sesuai dengan dunia anak. Si kecil bisa mulai diajarkan dengan membuat rutinitas. Sediakan paling tidak 15 menit setiap harinya untuk Mama mendampingi Si kecil mendengar dan bernyanyi bersama lagu anak-anak bahasa Inggris.

Meski belum lancar dan benar pengucapannya, tetap berikan apresiasi agar Si kecil tetap bersemangat. Durasi belajar bisa Mama Papa tambah seiring dengan bertambahnya fokus Si kecil.

Pendampingan dan rutinitas amat penting agar mereka terbiasa, tertarik dan bersemangat belajar. Menonton video anak berbahasa Inggris tanpa pendampingan untuk menirukan bukan langkah tepat di fase awal belajar bahasa Inggris anak-anak.

2. Fokus Pada Kata-Kata yang Biasa Digunakan Sehari-hari

Mama juga Papa bisa mulai fokus pada beberapa kata yang bisa diterapkan pada keseharian Si kecil. Selain untuk membantunya mengingat, juga membiasakan agar pengucapannya benar. Seperti misalnya thank you, sorry, i don’t know dan masih banyak lagi.

3. Membaca Cerita dan Bermain Games

Ketika Si kecil sudah mulai mengingat dan terbiasa mengucapkan banyak kosa kata. Mama dan Papa bisa mulai meningkatkan fase belajar bahasa Inggris anak dengan membaca cerita anak berbahasa Inggris maupun bermain games.

Mama Papa bisa bermain dengan flashcard, ataupun mainan kesayangan Si kecil dengan menanyakan nama, warna atau bentuknya dalam bahasa Inggris. Dengan begitu Si kecil akan lebih bersemangat karena belajar sambil bermain.

4. Merespon Pertanyaan, Pernyataan Maupun Jawaban Si Kecil

Agar bisa menambah lebih banyak kosakata sekaligus membiasakan Si kecil bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Mama maupun Papa juga harus merespon setiap pernyataan, jawaban maupun pertanyaan Si kecil.

Seperti ketika Si kecil mengucapkan “this is my doll”, Mama Papa bisa merespon dengan membenarkan seperti “yes, that is your doll, the colour is pink”. Dengan begitu Si kecil akan lebih banyak belajar kosakata baru berikut pengucapannya dengan benar.

Si kecil juga akan merasa nyaman belajar berkomunikasi dengan bahasa barunya, karena memperoleh respon dari orang-orang terdekatnya.

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Anak Sedari Dini

Dengan mulai mengajarkan bahasa Inggris pada Si kecil sejak dini, Mama Papa akan memperoleh banyak manfaat. Selain membuat Mama Papa bangga tentunya, ada banyak manfaat yang didapat bagi perkembangan Si kecil seperti:

  • Menjadi fast learner yang tidak takut salah dan belajar dari kesalahan karena belajar di usia yang relatif muda
  • Lebih kreatif
  • Meningkatkan fokus juga memory dalam mempelajari sesuatu
  • Lebih berpikir kritis tetapi mampu menjadi pendengar yang baik
  • Meningkatkan kemampuan kognitif Si kecil
  • Membantu di bidang akademis

Setiap anak memiliki daya serap yang berbeda-beda. Maka jangan pernah membandingkan kemajuan belajarnya dengan anak lain. Apresiasi setiap keberhasilan Si kecil dalam mempelajari bahasa barunya.

Jika Mama Papa merasa Si kecil membutuhkan kursus untuk lebih memahami bahasa Inggris. Mama Papa bisa menggunakan jasa kursus bahasa Inggris online yang menyediakan modul kursus bahasa Inggris untuk anak-anak seperti Kiddo.id.

Mama Papa bisa memulai belajar bahasa Inggris anak di usia 3 tahun dengan membuat rutinitas belajar ringan ketika di rumah. Untuk memaksimalkan potensi Si kecil, bisa ditambah dengan kursus pilihan untuk anak-anak di Kiddo.id.

Di sana Si kecil akan belajar dengan menyenangkan serta mudah dipahami. Mama Papa juga bebas memilih kelas bahasa inggris dari berbagai vendor di Kiddo.id yang sesuai dengan si kecil. Mama Papa juga bisa menyimak beragam konten parenting juga edukasi yang bermanfaat. Jadi jangan ragu lagi,  segera bergabung dan menjadi keluarga kiddo.id.

 

 

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.