Perantau Harus Tahu, Ini Dia 6 Tips Cari Kost di Ibu Kota

Untuk kamu yang baru saja tiba di ibukota dengan tujuan merantau, tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan penting yang harus segera terpenuhi. Nggak mungkin kan kamu datang ke Jakarta dengan tujuan “ngemper dijalan”. Mana Jakarta kan termasuk kota padat yang pasti rawan. Salah satu solusi paling tepat untuk mendapat tempat tidur dan tempat tinggal saat merantau adalah dengan mencari kost-kost an.
Perantau Harus Tahu Ini Dia 6 Tips Cari Kost di Ibu Kota

Tapi buat kamu yang baru saja tiba di Jakarta atau baru banget jadi warga pendatang di Ibu Kota, tentu bakal kelimpungan mencari kost-kost an terlebih Jakarta punya luas wilayah yang luar biasa dengan penduduknya yang sangat padat. Artikel kali ini akan sedikit membantu kamu dalam memilih dan memutuskan untuk sewa kost-kost an di Ibu Kota mulai dari masalah harga sampai rekomendasi situs sewa kost terpercaya. Nah, tanpa banyak cing cong lagi, baca tips berikut ya!

Tips Mencari Sewa Kos di Jakarta

Kita tentu butuh tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat selepas seharian beraktivitas. Dan tentu saat nge kost-pun kita harap bisa betah, cocok dan nggak perlu dikit-dikit pindah tempat kost yang tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga. Karena itu, memilih kost-an pun bagiku nggak boleh ngasal dan main-main karena bukan hanya untuk kita tinggali dalam sehari saja tapi bisa bulanan bahkan tahunan. Berikut adalah tips mencari sewa kost di Ibu Kota untuk orang yang baru merantau:

1. Pilih Kostan dengan Bayaran Sewa Perbulan

Demi kenyamanan kamu, sebaiknya pilih tempat kost yang memiliki aturan biaya kost dibayar perbulan. Mungkin saja harga kost murah tapi bisa jadi kamu nggak betah tinggal disana lama-lama karena lingkungannya atau hal lain sebagainya. Nah, jika memilih kost dengan bayaran sebulan tentu kamu nggak akan merasa rugi kalau tiba-tiba ingin pindah kostan.
Beda halnya jika memilih kost dengan bayaran tahunan. Terkadang hitungannya jadi lebih murah sih emang, tapi kalau kamu nggak betah maka akan sangat rugi dong sama uang tahunan yang telah dibayar di depan. Coba deh kamu cari di situs kost Jakarta untuk mencari informasi tarif sewa kost perbulan atau pertahun. Bandingkan coba!

2. Pilih Tempat Kost yang Mudah di Akses dan Dekat Tempat Makan

Jangan cari tempat kost yang susah diakses dengan transportasi umum. Karena kamu baru saja tiba di Jakarta tentu kamu belum atau nggak terlalu hafal dengan jalanan Ibu Kota. Belum tentu juga kan kamu bisa bawa kendaraan dari desa ke Jakarta. Mau beli kendaraan pun mungkin juga uang belum ada. Jadi untuk transportasi kamu bakal butuh banget angkutan dan transportasi umum lainnya.
Selain itu, kost yang kamu pilih juga harus dekat dengan tempat atau warung makan. Terutama buat kamu-kamu yang nggak demen masak di kost-an. Urusan perut adalah hal yang cukup penting. Jadi kalau kost-an kamu dekat warteg, bakal lebih bagus bukan?

3. Cek Fasilitas Kost

Cek fasilitas yang disediakan tempat kost selain dalaman kamar yang akan ditempati. Cek Mulai dari ketersediaan tempat tidur, lemari, kamar mandi, meja belajar, hingga WiFi. Kost-kost an dengan harga murah umumnya hanya menyediakan minimal tempat tidur sederhana saja. Jadi sebaiknya sesuaikan budget kamu dengan harga kost-an dan fasilitas di dalamnya.

4. Perhatikan Lingkungan Sekitar Kost

Kamu juga harus memperhatikan lingkungan di sekitar tempat tinggal nantinya. Kamu bisa langsung cek ke lokasi agar lebih yakin. Lihat lingkungan sekitar apakah daerahnya bersih, atau apakah nampak rawan kejahatan. 


Buat kamu para cewek, kalau bisa sekalian cek kondisi malam hari ya. Apakah kondusif terlebih jika nantinya jam pulangmu ke kost diatas jam 9 malam. Bagaimanapun kamu akan tinggal di sana untuk waktu yang nggak sebentar, jadi kenyamanan sangat penting diperhatikan.

5.  Lokasi dari Tempat Kerja

Setidaknya kamu harus bisa memperkirakan jarak antara kostan dengan tempat kerja. Sebisa mungkin cari kost yang jarak tempuh nya cukup dekat dengan tempat kerja kamu biar bisa meminimalisir biaya transportasi yang akan dikeluarkan. Jangan membuang banyak uang hanya untuk biaya transportasi, jika ada tempat kost yang dekat dengan kantor kenapa harus pilih yang jauh kan?

6. Pertimbangkan Harga dan Cari Rekomendasi di Situs Kost Jakarta

Jika memang pergi merantau ke Ibu Kota nggak dalam keadaan mendadak, kamu bisa melakukan survey harga-harga kostan beberapa hari sebelumnya. Meski sedang di luar daerah, kamu tetap bisa melakukan survei harga kost melalui internet dengan membuka situs kost Jakarta dan sebagainya loh
Kita bisa langsung melihat detail kost-an yang terbuka untuk di sewakan. Mudahnya lagi, rekomendasi kost yang diberikan sudah bisa dilihat berdasarkan perwilayahnya. Misal kamu mau kost di Jakarta Selatan nih, maka kita tinggal pilih atau buka halaman Kost Jakarta Selatan di situs tersebut.
Informasi lengkap dalam situs-situs pencarian ini tentu akan mempermudah kita saat akan melakukan survey sekaligus untuk merencanakan budget dan lain sebagainya. Dengan begini pula kita bisa memperkirakan estimasi biaya hidup di Ibu Kota.
**
Itu dia beberapa tips mencari kost di Ibu Kota untuk orang-orang yang mungkin aja baru merantau. Untuk yang pertama kali harus hidup jauh dari orang tua dan sanak keluarga, tips mencari kostan diatas semoga bisa membantu ya. Selamat mencoba dan temukan kenyamanan kamu merantau di Jakarta. 
3 Shares:
3 comments
  1. Bener banget cari tempat kos di Jakarta itu gak gampang. Dari pengalaman kakakku pas cari awal kuliah dulu di Jakarta. Selain lokasi dan fasilitas, pertimbangan lainnya adalah interaksi dengan penghuni lainnya. Jadi kalau masih awal banget tinggal di Jakarta dan belum punya kawan di tempat kos itu, mending ambil bulanan dulu.

  2. Noted tipsnya, siapa tahu nanti saya merantau, yang paling utama tentu nyari kosan untuk bersinggah

  3. Dulu waktu masih ngekos, pertimbangan saya yang paling pertama adalah jarak dengan kantor. Kalau bisa sih ngesot ke kantor dari kostan juga nyampe 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.