Pendidikan Kunci Pengembangan Diri di Era Revolusi Industri 2.0

Kehidupan manusia sekarang sedang berada di era revolusi industri 4.0, untuk menghadapi era ini, pengembangan diri adalah solusi dalam segala aspek yang menjadikan kita lebih baik daripada jadi budak revolusi.

Pendidikan Kunci Pengembangan Diri di Era Revolusi Industri 2.0

Pendidikan merupakan kunci pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dimana, kita akan menghadapi segala kesulitan jika minim pendidikan, apalagi sekarang segalanya serba digital dan serba teknologi, sehingga penting untuk kita sikapi.

Jangan pernah berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting, hidup di jaman sekarang tidak seperti jaman dulu, otak rendah, hidup pun menjadi rendah. Jadi, jangan sampai melupakan pendidikan untuk menghadapi revolusi ini.

Revolusi Industri 4.0 Adalah

Seperti yang tertulis di laman Sikalem, era revolusi industri 4.0 merupakan salah fenomena jaman digital yang mengkolaborasikan teknologi cyber dengan teknologi otomatisasi. Sebagai jaman digital, konsep pengerjaan hampir seluruhnya tidak dilakukan oleh manusia.

Bisa dikatakan era industri 4.0 merupakan jaman yang serba mudah, kita tinggal melakukan segala hal tanpa mengerjakan. Kemudahan dalam berkomunikasi, bertukar informasi, transaksi dan segala hal yang kita hanya sebagai penikmatnya saja.

Dari kemudahan itu tentu kita butuh pemikiran yang luas, meskipun efisien, cepat, lengkap dan mudah, tapi jika IQ kita dibawah rata-rata, kita tidak akan bisa melakukan hal itu, kita malah akan menjadi budak dari era digital ini.

Peran Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Peran pendidikan di era revolusi industri 4.0 sangat penting, seperti yang saya singgung di atas bahwa, pendidikan adalah kunci untuk mengembangkan diri dalam menghadapi era digital yang serba instan ini.

Pendidikan merupakan kunci, karena ini adalah tantangan paling besar, kita dapat melaksanakan pendidikan setinggi mungkin agar kita bisa menikmati hasil di jaman ini.

Pendidikan yang tinggi membuat kita semakin tinggi dalam memahami segala hal tentang teknologi, karena era digital adalah jaman teknologi yang semakin kesini semakin berkembang, perkembangannya pun begitu cepat.

Tantangan Pendidik di Era 4.0

Salah satu tantangan pendidikan di era 4.0 adalah mengkolaborasikan teknologi dalam media pembelajaran di setiap bidang pendidikan.

Salah satu yang sudah menerapkan teknologi untuk pembelajaran adalah Universitas Tanjung Pura (UNTAN), dimana UNTAN membangun ekonomi digital menuju cyber university, semua yang di pelajari disana hampir sepenuhnya menggunakan teknologi.

Pun termasuk fakultas-fakultas yang terdengar tidak ada kaitannya dengan teknologi, contohnya pertanian, kita berada di kebun, tapi sistem pendidikan ini di jaman sekarang sudah menggunakan teknologi.

Hal tersebut untuk memudahkan kita dalam mengerjakan, contohnya saja mencangkul, sekarang sudah tidak lagi dilakukan manual oleh manusia, tapi menggunakan mesin khusus, mungkin kedepan akan menjadi lebih mudah lagi tanpa adanya campur tangan manusia.

Memanfaatkan Era Industri 4.0

Mari kita manfaatkan dengan hasil yang positif terhadap pengembangan era industri 4.0 yang semakin berkembang pesat.

Salah satu cara untuk memanfaatkannya adalah memiliki segala pengetahuan tentang teknologi, tentu saja hal tersebut membutuhkan pendidikan agar pemahaman kita tentang teknologi semakin stabil.

Mungkin disana masih banyak yang belum kenal yang namanya web programing, tapi kita bisa mengenalinya dengan meraih pendidikan yang tinggi.

Maka, sekali lagi saya katakan bahwa, pendidikan adalah kunci untuk mengembangkan diri dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, jangan sampai kita dikalahkan oleh teknologi, menjadi budak teknologi.

Internet Sebagai Contohnya

Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah internet, dimana internet memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu, mencari hal-hal yang belum kita ketahui, mencari pengetahuan dan berbagi pengetahuan, lebih baik lagi bisa dijadikan sebagai mesin pencari uang.

Gak percaya? Sudah banyak orang-orang yang memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilannya. Internet salah satu contoh era revolusi industri 4.0 karena segalanya serba mudah dan instan.

Tapi dari banyaknya orang yang memanfaatkan secara positif, masih banyak orang yang memanfaatkannya untuk kejahatan, terutama target mereka adalah orang-orang yang belum paham tentang internet.

Maka, itulah pentingnya pendidikan agar kita tidak menjadi korban kejahatan di era revolusi industri 4.0 ini. Jadi sekarang jangan pikirkan apa-apa, pendidikan dulu yang lebih utama untuk meningkatkan pemahaman kita di jaman digital ini.

0 Shares:
1 comment
  1. Kudu banyakin kursus sih buat menghadapi revolusi 4.0, sebab kurikulum pendidikan agak telat gitu. Siswa dan mahasiswa mesti upgrade skill diluar kalo mau tetap bertahan dan lulus siap pakai di industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like