Pentingnya Belajar Digital Marketing Untuk Blogger

Entah bagaimana mulanya, hingga awal 2019 lalu aku mulai serius di dunia blog. Bukan asal nulis curhatan yang nggak seberapa penting buat orang lain, justru sekarang dari blog dan tulisanku malah bisa bermanfaat dan bahkan bisa membantu bisnis atau usaha seseorang atau perusahaan. Dan tentulah apa yang aku lakuin ini nggak gratisan.
Aku dapat fee dari blog dan tulisanku, mereka (pemilik brand/advertiser) dapat brand awareness dari apa yang aku tulis.

pentingnya belajar digital marketing

 

Kok bisa gitu ?
Iya, bisa dong. Udah tahu istilah Digital Marketing?
Tahu nggak apa peran kita sebagai blogger di dunia digital marketing ini?

Nanti aku bakal cerita lebih lanjut ya. Sebelum lebih jauh kita bahas dulu deh perihal Digital Marketing ini. Apa sih digital marketing dan tujuan serta manfaat dari digital marketing ini. Kok rame digaung-gaungkan di era digital seperti sekarang ini? Yuk lanjut.

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran produk maupun jasa melalui media digital dan teknologi. Ada banyak alasan kenapa digital marketing harus dilakukan oleh para pelaku usaha di era modern seperti sekarang ini, seperti:
  • Agar produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh para pemilik usaha ini dapat menjangkau lebih banyak customer atau lebih dikenal masyarakat.
  • Efisiensi biaya pemasaran dan lebih efektif untuk sampai di masyarakat.
  • Target akhir yang diharapkan adalah penjualan yang meningkat

 

Kalau zaman dulu pemasaran masih dilakukan secara tradisional seperti lewat iklan baliho di jalan, melalui media cetak atau koran dan lain sebagainya, tapi sekarang tentu sudah bergeser ke arah yang lebih modern. Selain melalui iklan di televisi, terbukti pemasaran melalui sangat efektif jika dilakukan di beberapa platform digital yang emang kini menjadi tren yang sangat diunggulkan seperti melalui Website atau Blog.
Dulu, dalam membuat sebuah situs website atau blog tidaklah mudah. Aku dituntut harus belajar Bahasa pemrograman web oleh teman agar bisa membuat situs blog pribadi menggunakan HTML, CSS, dan lainnya.
Terasa sangat sulit sekali untuk memahami bagaimana cara belajar coding bagi pemula untuk membuat situs website yang bisa aku manfaatkan sebagai media digital marketing.
Kalau teman aku sendiri malah sudah lebih paham tentang dunia pemrograman website, blog hingga toko online. Bahkan, aku pernah diberitahu bagaimana cara belajar hacker dalam menemukan bug dari sebuah web yang rentan diretas oleh para cracker di dunia digital untuk mengambil keuntungan, pemahaman nya benar-benar membuat aku kebingunan sendiri yang akhirnya aku mencoba untuk lebih mendalami ilmu pemrograman website, blog, toko online dan application web based melalui Bitlabs.
pentingnya digital marketing
Awal aku tahu Bitlabs dari iklan di Instagram, kemudian aku langsung klik saja dan otomatis menuju ke website nya yaitu www.bitlabs.id.
Karena aku pengen banget belajar lebih jauh tentang dunia programming, akhirnya aku daftar untuk mencoba belajar dan ternyata asik juga. Akhirnya aku beli paket premium 6 bulan (Paket BITO) yang kemudian aku bisa mengakses seluruh materi teori pembelajaran Bahasa pemrograman untuk pemula hingga expert, hinga mendapat materi project nya sebagai bahan praktek.
Fitur yang paling membuat aku penasaran adalah coding emulator.
Yaps, setelah coba aku telusuri lebih lanjut ternyata fitur coding emulator Bitlabs memungkinkan user bisa belajar coding secara bertahap sekaligus running coding nya yang sudah aku buat untuk mengetahui apakah ada error atau tidak yang bisa aku gunakan tanpa harus menggunakan software lain, bahkan tanpa laptop. Karena Bitlabs menciptakan aplikasi untuk belajar coding melalui smartphone.
Di sisi lain, Bitlabs juga memberikan fasilitas lebih untuk aku dan semua user nya untuk diskusi seputar dunia pemrograman melalui group facebook yang langsung bisa bertanya sama semua mentor bila mengalami kesulitan dalam pemahaman dan implementasi logika yang diubah menjadi jutaan script atau coding untuk menciptakan inovasi baru.

Benefit dari Belajar Skill Digital di Bitlabs

Penasaran nggak sih hasil apa yang paling aku rasakan setelah belajar skill digital di Bitlabs ini? Banyak ilmu dan skill digitalku yang bertambah. Yang tadinya tulisanku masih kacau balau dan nggak enak dibaca karena alurnya yang ngga rapi, kini jadi lebih paham lah gimana caranya biar tulisan kita minimal nggak membosankan untuk dibaca. 
 
Yang tadinya aku nggak paham gimana pembuatan artikel SEO eh sekarang udah jauh lebih ngerti dan bisa diterapkan. Nggak hanya itu, bahkan artikel di blog ini udah lumayan banyak yang nangkring di page one google loh. (terharu)
Nggak hanya itu gaes, setelah selesai seluruh materi di sana, aku juga dapat SERTIFIKAT yang langsung bisa di download. Eits, bukan sembarang sertifikat, yang bitlabs keluarkan ini adalah sertifikat yang resmi dan diakui oleh Pemerintah Kementrian Riset dan Teknologi. Jadi setelahnya, aku bisa tambahkan sertifikat yang aku dapat dari Bitlabs ini ke CV atau portofolio yang aku miliki. 
 
Tujuannya? Ya pasti agar bisa dapat tawaran kerja atau memberikan penawaran jasa yang atas skill yang aku miliki tadi. Kan aku sering nih dapat job nulis baik untuk aku posting di blog maupun untuk website lain.
Nah, dengan adanya sertifikat yang meyakinkan ini, aku mulai berani lah pasang RATE CARD lebih tinggi dari sebelumnya, haha. Asik kan? Hayo kepengen juga ya?
Overall, sejak aku udah upgrade ke paket premium 6 bulan (Paket BITO) di Bitlabs, aku jadi semakin semangat untuk mendalami dunia pemrograman website media online. Penginnya sih terus ku kembangin lagi belajarnya siapa tau someday bisa bikin aplikasi android media online sendiri. Siapa bilang cewek nggak bisa masuk ke bidang digital kayak gini? Belajar digital
Dan aku juga sebagai blogger, merasa beruntung banget bisa memanfaatkan peluang belajar hingga bisa mengambil peran lebih di bidang digital.
Hari gini, masih ada yang belum paham betapa pentingnya digital marketing? Wah buruan deh bangun dan rasakan manfaat belajar dan dapat banyak skill baru sepertiku. Terimakasih banyak ya Bitlabs.
0 Shares:
4 comments
  1. menarik sekali. memang secara nggak langsung ketika sudah di dunia blog kita jadi ikut belajar dunia digital marketing ya. saya juga masih belajar.

    ah kece blognya mbak dini 🙂 informatif.

  2. Saya juga belajar pemrograman web seiring saya aktif sebagai blogger, skill pemrograman sangat membantu dalam menunjang karir kita sebagai blogger profesional ternyata.

  3. Lhah aku kok baru baca artikel ini yah. Soalnya pengen juga belajar coding. Supaya ngeblognya lebih jozz gitu.
    Mau ah daftar ke bitlabs…
    TFS ya…

  4. Wah… dapat ilmu baru lagi nih tentang digital marketing untuk blogger. Sampai saat ini saya masih belum ngeh dengan yang namanya digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.