5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula Biar Nggak Keblinger

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula
Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

Kartu Kredit yang dimiliki untuk pertama kalinya tentu merupakan hal yang spesial bagi sebagian orang. Karena meski bentuknya hanya selembar plastik tipis, namun memiliki banyak manfaat utamanya untuk aktivitas berbelanja dan aktivitas finansial lainnya.

Justru karena manfaatnya untuk aktivitas berbelanja itulah yang membuat banyak orang lupa bahwa setiap kali berbelanja dengan menggunakan kartu kredit tersebut akan meninggalkan tagihan yang harus dilunasi. Belum lagi banyak kedok penipuan kartu kredit yang meresahkan.

Alhasil, mereka yang tidak bijak dalam menggunakannya, tidak dapat mengontrol nafsunya untuk berbelanja, sehingga pada akhirnya akan dililit oleh utang Kartu Kredit.

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

 

Tidak hanya itu saja persoalan yang dapat membelit mereka yang memiliki Kartu Kredit untuk pertama kalinya, tapi masih ada sejumlah persoalan yang lain.

Untuk itu gunakan secara bijak Kartu Kredit kamu dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

 

1. Pilih Kartu Kredit Terbaik

Tidak ada larangan bagi setiap orang untuk memiliki lebih dari satu Kartu Kredit dan terdapat puluhan jenis Kartu Kredit yang dapat dipilih. Peluang tersebut bukan berarti memanfaatkan kesempatan dengan memiliki Kartu Kredit sebanyak-banyaknya, tapi justru harus dihindari dengan hanya memilih 1 – 2 jenis Kartu Kredit saja.

Karena dengan memiliki banyak credit card, kamu justru akan dibuat bingung oleh sejumlah tagihan serta tanggal pembayaran yang berbeda-beda.

Diantara puluhan jenis Kartu Kredit yang bisa dipilih, masing-masing memiliki kelebihan dan manfaat yang berbeda-beda. Untuk itu pilih Kartu Kredit Terbaik dan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, bagi yang memiliki hobi travelling, kamu bisa pilih Kartu Kredit Spesial yang paling banyak memberikan bonus dan kemudahan dalam pembelian tiket pesawat, reservasi hotel dan penawaran lainnya terkait hobi travelling.

Bagi yang suka perawatan kecantikan, pilih Kartu yang paling banyak memberikan promo dan diskon di salon atau klinik kecantikan, toko yang menjual produk kecantikan dan pusat kebugaran.

 

2. Manfaatkan Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Dengan Kartu Kredit, kapanpun kamu bisa berbelanja dan apapun bisa kamu beli. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan harga dari barang yang akan dibeli, karena penghasilan kamu tidak hanya untuk menutupi tagihan Kartu Kredit dari barang yang kamu beli, tapi juga untuk berbagai kebutuhan yang lain.

Justru dengan menggunakan Kartu Kredit kamu sebenarnya dapat lebih berhemat yaitu dengan memanfaatkan berbagai diskon dan penawaran menarik yang ditawarkan oleh Kartu Kredit.

Diskon dan penawaran menarik tersebut bisa kamu dapatkan dalam bentuk katalog yang dikirimkan bersama dengan tagihan bulanan.

 

3. Jaga Kerahasiaan Kartu Kredit

Informasi seputar pembobolan Kartu Kredit tentu sudah sering kamu dengar, karena Kartu Kredit memang rentan terhadap tindak kejahatan.

Oleh sebab itu jaga kerahasiaan Kartu Kredit yang kamu miliki dari orang lain, bahkan dari saudara atau teman sebagai bentuk antisipasi dari segala bentuk penyalahgunaan yang dapat merugikan kamu.

 

4. Selalu Berhati-hati dalam Bertransaksi

Salah satu keuntungan dari pengguna Kartu Kredit adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran saat berbelanja dengan sistem daring. Hanya saja kamu harus berhati-hati saat melakukan transaksi secara online, karena berisiko tinggi terhadap keamanan data dan dana dalam Kartu Kredit.

Itu sebabnya, saat akan berbelanja secara online pastikan Toko Online yang dituju benar-benar dapat dipercaya dan memiliki jaminan keamanan dalam melakukan transaksi.

Tidak hanya saat berbelanja secara online, ketika bertransaksi di toko offline pun kamu harus berhati-hati karena tidak menutup kemungkinan data Kartu Kredit dibobol oleh kasir toko.

Salah satu modus yang dilakukan oleh kasir toko untuk membobol data Kartu Kredit adalah dengan menggesekkan kartu pada mesin EDC hingga dua kali atau menggesekkan kartu pada mesin EDC yang berbeda.

 

5. Hindari Tarik Tunai

Ingat, Kartu Kredit berbeda dengan Kartu Debit. Meski Kartu Kredit dapat dipakai untuk menarik tunai lewat mesin ATM, namun ada konsekuensi yang mengikuti yaitu adanya biaya penarikan yang besarnya sekitar 2,5% – 4% atau minimal Rp.50.000.

Tidak hanya itu saja konsekuensinya, tapi juga beban bunga harian yang dikenakan oleh pihak bank penerbit segera setelah dana ditarik dari Kartu Kredit.

Berbeda dengan Kartu Debit yang dapat menarik sejumlah uang tanpa dibebani biaya penarikan alias gratis serta tidak dikenai bunga harian karena uang yang ditarik memang uang sendiri yang tersimpan di bank.

Kira-kira, itulah beberapa cara bijak menggunakan Kartu Kredit bagi pemula yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang. (*)

0 Shares:
29 comments
  1. nah kartu kredit untuk tarik tunai nih yang harus bener2 dihindari. sebaiknya gunakan dengan bijak bener sih mbak. pengalaman dulu saya pakai kartu kredit ga pernah buat tarik tunai, tapi buat belanja, incar yang ada diskonnya

    1. biayanya kan cukup gede mas sabda buat tarik tunai. nah yang keblinger nih klo pas uang abis kan jadi berasa gampang tinggal gesek,, eh besoknya tagihnnya bengkak belum tentu bisa kebayar full, gitu aja terus sampe nobita lulus kuliah 😀

      1. Kartu kredit seperti pisau bagi pemiliknya.. bisa.bermanfaat kalau digunakan sesuai fungsi dan kegunaannya tapi kalau digunakan asal2an bisa berbahaya dan melukai penggunanya

  2. Saya belum pernah pake cc. Termasuk yg kurang rapi sama kartu2. Btw thanks tips2nya ya. Useful banget buat yg pake cc

  3. Terimakasih informasinya. Saya tidak punya kartu kredit tapi informasinya penting banget ya. Kalau sudah tahu kan ilmunya jadi mudah. Siapa tahu ada teman atau saudara yang memerlukan informasinya juga…

  4. Informasi yang berguna banget nih buat yang suka pakai kartu kredit, kalau saya belum berani pakainya kawatir kebablasan hehe

  5. Aku belum pakai Kartu kredit tapi suami aku pakai. Dans etuju dengan tips yang mba berikan 🙂

  6. Trims tipsnya mba.. meskipun sampai skg aku tidak tertarik dg KK yah siapa tahu nanti2 pikiranku berubah..hehe..

  7. Buat para pemula pengguna kartu kredit wajib baca ini.. pahami dulu sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit.. jangan sampai bisa pakai tapi tidak bisa membayar ya.. harus bijak apalagi kartu kredit

  8. Ngeri banget kalau kartu kredit sampai di bobol. Akun online aja di hack keder banget apalagi kartu kredit.

  9. Aku baru tau kalau pakai CC tetep bisa tarik tunak, tapi biaya penarikannya, ya Allah…bikin shock yaa…
    Tapi kalau sedang butuh-butuhnya, oke lah yaa…

  10. Wah ini bacaan bagus buat yang pertama kali punya CC biar gak kalap dan nanti bingung membayar beban tagihan ya mbak hehe 😀
    Soalnya kdng kalau ada C keinginan buat beli2 suka gak kekontrol buat yang gak kuat iman haha

  11. Kartu kredit beneran buat kebutuhan darurat sih dan jaraaaang banget dipake karena takut kebablasan, soalnya dulu sebelum nikah pernah kejadian tuh keenakan gesek dan shock ketika dapet tagihan hahaha

  12. Kartu kredit kalau nggak cerdas menggunakannya bisa malah jadi bumerang ya mbak aku pernah dengar temanku cerita ada yang bikin kartu kredit cuman untuk menambal bayar kartu kredit yang lainnya

  13. Aku pernah punya CC karena ditawari sebuah bank terkenal. Tapi gak pernah dipakai, wkwkwkk. Emang gak tertarik dari awal tapi katanya kami dapat tawaran karena memenuhi syarat, ada-ada aja nih

  14. Saya lumayan banyak pakai kartu kredit dari beberapa bank provider.. kuncinya disiplin. Jangan pakai kaau belum jelas bisa bayar or ngga untuk hindari bunga

  15. Aku kapok pakai kartu kredit. Udahlah sekarang biasa biasa aja. Kalau belum ada uang ya tahan diri aja. Dulu mikirnya punya kartu kredit itu ada dana tambahan sih

  16. Dulu pernah Pake Dan sekarang udah ditutup. Semoga yang membaca juga bisa memahami konsekuensi menggunakan kartu credit ya Dan memakainya dengan bijak

  17. Punya kartu kredit itu sebenarnya ada banyak manfaatnya, terutama kalau suka traveling. Tapi ya itu, mesti bijak dalam penggunaannya dan jangan jadi konsumtif. Kalau aku pribadi sekarang udah tak pakai kartu kredit lagi karena sudah ada beberapa bank yang menyediakan cara pendanaan baru yang lebih cocok dengan gaya belanjaku

  18. Ngeri juga ya kalau kartu kredit sampai dibobol, duuuhh… Memang kudu hati-hati ya dalam memilih kartu kredit yang paling pas untuk kebutuhan kita.

  19. Dewi belum pernah tarik tunai, tapi sukanya belanja kebutuhan elektronik pakai CC. Nice info nih mbak:)

  20. Nah, tipsnya bagus nih mbak. Warganet perlu dicerdaskan begini tentang cara pakai CC karena kalo kepleset dikit, yang ada CC bukan memudahkan, tapi malah jadi menyusahkan.

  21. Aku gak pake kartu kredit tapi suamiku pakai. Dan cuma dipakai kalau benar-benar terdesak aja. Kalo enggak mah ya gak dipakai.

  22. Kalau pandai kelola kredit card pasti bagus sekali. sayangnya banyak orang asal pake dan akhirnya menjadi hutang yg melilit kehidupan.

    Thank infonya, bagus banget buat yg baru punya kartu kredit.

  23. untuk menggunakannya kadang saya liat nih kartu ada promo apa ya & lagi kerjasama sama merchant mana, kadang kalo ada promo yang menggiurkan terutama makanan, ga masalah untuk pakai CC, apalagi kalo rame rame sama temen, nagihnya ke temen full hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.