Biar #SiapDiJalan & Liburan Tetap Santuy, 8 Barang ini Penting Dibawa Cewek Saat Travelling Loh!

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy

HI, TRAVEL LOVERS!

Weekend di depan mata nih? mau ngapain aja kalian?


Nyante di kamar? Nongkrong sama temen? Makan di luar bareng keluarga? Nonton film? Bertani? Bercocok tanam? Membangun jembatan? (halah apaan sih Rini. Wkwk)

Di artikel kali ini aku mau membahas seputar travelling nih.  Khususnya mau membahas atau sharing tentang “Barang apa aja yang harus dan wajib dibawa saat travelling”.


Karena aku cewek banget,  so aku mau lebih membahas tentang barang or stuff yang seharusnya dibawa oleh travellers cewek nih.  

Jadi weekend kemarin aku barusan travelling ke kota sebelah nih, Malang. Selain nonton konser band kesayangan asal Jogja, Sheilaon7 dan Letto, sekalian kita juga melipir cantik ke salah satu pantai di Malang Selatan.

“Pantai apaan tuh?”

Nih pantainya,  namanya Pantai Ngudel

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy
Pantai Ngudel – Dok Pribadi celotehdinihari.com

Nah, sebagai cewek yang hobi travelling dan minimal sebulan sekali bepergian ke luar kota, aku tuh jadi terbiasa harus mempersiapkan segala macam hal buat travelling tadi. Terutama masalah barang-barang yang harus ada dan dibawa saat travelling.

Mengepak barang bawaan atau packing menjadi hal terpenting yang harus dilakukan sebelum bepergian atau travelling. Namun, pasti masih banyak yang males dan menyepelekan ya? padahal menurut pengalamanku kalau nggak menyempatkan atau menyisihkan waktu buat packing tuh pasti nanti pas hari-H jadi banyak barang yang ketinggalan.

Untuk barang-barang umum seperti tas, baju, alat ibadah, jajan dan lain mungkin nggak akan lupa kebawa ya. Tapi tau nggak sih, ada loh beberapa barang yang terlihat dan terkesan sepele namun sering tertinggal dan terlupakan. Padahal penting banget loh dibawa saat liburan atau travelling. Terutama buat para cewek. 

Cewek memang lebih identik dengan personal yang detail dan akan sedikit ribet karena sering membawa banyak barang saat bepergian. Nggak hanya pas liburan, pas ke kantor atau ke kampus aja bisa terlihat kalau pada umumnya barang bawaan cewek lebih banyak ketimbang  cowok.

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy
Barang bawaan ketinggalan saat liburan bikin bete. Bener nggak sih?

Siapa saja tentu menginginkan untuk #SiapDijalan Supaya tetap Santuy pas liburan. Dan kesiapan akan barang bawaan jadi salah satu faktor pentingnya.

Terus kalau ketinggalan efeknya emang gimana?

Ribet dan boros. Nah 2 kata itu sepertinya cukup mewakili. Ribet karena harus nyari toko untuk beli barang yang ternyata butuh namun nggak terbawa. Dan tentu biaya liburan makin bengkak karena harus beli sesuatu padahal dirumah sebenernya udah punya.

Hmm, buat cewek kayak aku yang selalu bikin anggaran atau budget liburan, pasti bisa bete dong kalau realisasi pengeluaran ternyata jauh diatas anggaran.

Nah, makanya di artikel ini aku bikin list nih tentang beberapa barang yang terkesan sepele tapi ternyata penting banget dibawa cewek saat travelling. Tapi sebelum lebih lanjut bahas barang bawaan, kita bahas dulu yuk persiapan atau hal -hal yang harus dilakuin sebelum travelling biar makin #Siapdijalan dan liburan tetap santuy.



Persiapan dan Hal Dilakukan Sebelum Travelling  

  • Menyusun Itinerary Perjalanan Beserta Anggaran atau Budget

Menyusun itinerary perjalanan berarti menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi, akomodasi atau transportasi menuju destinasi, peta membuat anggaran atau budget uang yang akan terpakai selama perjalanan.

Tentu dong Hal ini penting banget untuk dilakuin demi #siapdijalan dan tetap santuy saat traveling. Bisa nggak membuat itinerary perjalanan, tapi yakin tuh hari H travelling nggak akan buang-buang banyak waktu untuk cari informasi destinasi dan transportasi menuju ke sana?
Kita bisa menyusun itenary perjalanan berdasarkan informasi di sosial media maupun internet dengan membaca pengalaman orang-orang juga destinasi wisata yang akan kita tuju.

  • Cek Perkiraan Cuaca Pada Saat Hari Keberangkatan

Ada satu hal lagi nih Yang penting selain menyusun itinerary perjalanan, yaitu melihat ramalan atau perkiraan cuaca pada hari dimana kita melakukan travelling. Takutnya nih, kita nggak siap jika sewaktu-waktu hujan di tempat wisata. Terlebih lagi jika kita pergi ke ke tempat yang yang terpencil atau pelosok seperti pantai yang masih sepi atau pegunungan di mana nggak banyak bahkan nggak ada toko yang menjual kebutuhan kita saat traveling.

Mengetahui perkiraan cuaca pada hari mendatang membuat kita bisa menyesuaikan barang- barang yang akan dibawa saat traveling.

  • Cari Referensi Bacaan Tentang Destinasi Wisata

Membaca artikel atau melihat video tentang destinasi wisata yang akan kita tuju ternyata cukup penting loh. Terlebih jika kita akan melakukan perjalanan ke daerah yang sebelumnya tidak pernah kita singgahi. Mungkin aja dimana di daerah tersebut ternyata mempunyai aturan adat dan lain sebagainya.

Contohnya saat aku hendak ke Bromo, aku harus memastikan bahwa tanggal kepergian atau keberangkatanku tidak bertepatan dengan tanggal sakral dimana masyarakat Tengger sedang melaksanakan ibadah dan menutup akses masuk ke Gunung Bromo. Melalui internet dan mencari referensi aku bisa mengetahui larangan-larangan atau aturan adat di destinasi wisata yang akan aku kunjungi.

  • Berdoa dan Minta Izin Ke Orang Tua

Penting nih! Dari dulu aku selalu membiasakan diri untuk meminta izin kepada orang tua ketika hendak melakukan travelling. Meskipun saat ini aku hidup berjauhan dengan orang tua karena harus Merantau di Kota Surabaya, tapi bagiku izin dan restu orang tua sangatlah penting demi kelancaran dan keamanan ku saat traveling. Kalian harus gitu juga ya! hehe

  • Packing atau Mempersiapkan Barang- Barang Yang Akan Dibawa Saat Liburan Aku

Nah, yang terakhir nih barulah kita bahas masalah barang-barang yang harus di bawa cewek saat travelling.


8 Barang yang Terkesan Sepele Tapi Penting Dibawa Cewek Saat Travelling

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy
celotehdinihari.com – Gunung Kelud Kediri


1. Tas & Perlengkapan Sanitasi

Buat cewek, kebersihan itu penting (ya buat cowok harusnya juga penting sih) hehe. Agar badan tetap bersih saat travelling, tentu kita perlu bawa perlengkapan sanitasi. Kalau memungkinkan untuk bisa mandi ya lebih baik kita mandi gaes. Tapi kalau nggak memungkinkan atau nggak perlu mandi, ya minimal kan perlu cuci muka. 


Nah kalau aku punya travel bag khusus untuk membawa semua perlengkapan sanitasi yang mungkin aku butuhin pas travelling, misalnya sabun, facial wash, shampo, pasta dan sikat gigi, deodorant. 
#SiapDijalan Supaya tetap Santuy

2. Pouch atau Bag Make up

Sebagai
cewek, menjaga penampilan tentu sangatlah penting, termasuk juga saat
travelling. Terlebih trend millenial masa kini yang hobi share
dokumentasi liburannya via social media seperti Instagram dan lain
sebagainya. 

Selain bagus untuk kepentingan foto atau dokumentasi,
membawa make-up juga membuat kita makin pede dan nyaman. Bener nggak shay?


Eh tapi, apa semua jenis make up kita harus bawa saat travelling?

Oh
ya tidakkk donggss gaes. Meski penting, tapi ya nggak perlu bawa make
up lengkap layaknya orang mau kondangan atau hajatan lain. wkkw



Make up atau skin care yang biasa aku bawa saat bepergian tuh ini:

  • Pelembab + Powder 
  • Lipstick 
  • Facial wash 
  • Pensil alis 
  • Parfum
  • Lotion / sunblock


Simple kan? Kalau kalian biasa bawa make up atau skin care apa aja nih pas travelling?



Jangan
lupa, tetep masukan make up tadi ke satu bag atau pouch khusus biar
mudah dicari dan diambil serta nggak bikin berantakan seisi tas yaa…
hehe



3. Uang Cash

Kalau destinasi liburan kita bukan di perkotaan, sudah tentu barang wajib yang bernama ‘uang cash’ penting banget dibawa dalam jumlah tertentu. Kenapa? 

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy


Ya kita mesti sadar juga dong kalau kemajuan teknologi itu belum tentu merata di semua wilayah. Bisa jadi di destinasi pantai atau dataran tinggi yang kita kunjungi nggak ada warung atau toko yang udah support pembayaran dengan gesek kartu atau e-money. 

Meski terkesan sepele, tapi jangan diabaikan ya. Terutama buat kita-kita yang biasa hidup di kota dengan trend e-money seperti sekarang ini.  


Meski terbiasa hidup menghindari keribetan dan lebih sering mempercayakan sistem cashless kayak aku, tapi saat liburan tentu perlu di pertimbangkan juga tentang jumlah uang cash yang akan dibawa sesuai destinasi wisata kita. Ketimbang pas liburan malah bingung, mending siapin dulu aja uang cash nya.  

4. Peniti / Jarum

Buat cewek yang berhijab kayak aku, satu benda sakral yang nggak bisa dimakan tapi selalu berkurang adalah jarum pentul atau peniti. Hehe


Meski udah “primpen” dan teliti saat lepas peniti atau jarum pentul dari hijab, kadang tuh tetep aja mereka ilang atau sembunyi entah kemana (masih menjadi misteri kenapa benda semurah ini gampang banget hilangnya).

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy


Nah bayangkan kalau pas travelling, saat kita habis wudhu atau cuci muka ternyata jarum atau peniti ini hilang, kan ribet. Belum tentu juga temen travelling kita bawa peniti atau jarum lebih dari satu. Belum tentu juga temen travelling-nya cewek dan berhijab. Wah, ketimbang nggak bisa hijaban dengan rapi, ya mending jaga-jaga bawa aja.



Saran aja nih, biar aman nggak nusuk-nusuk dan mudah dicari, taruh jarum atau peniti ke kotak kecil atau wadah tertentu gitu. Aku sih beli langsung jarum dan peniti yang udah kotakan seperti gambar diatas. Simple. hehe

5. Kantong

Berpergian dengan tas carrier atau koper sekalipun, aku selalu membiasakan untuk membawa barang-barang secara terorganisir agar mudah diambil dan lebih rapi. Termasuk untuk membawa pakaian. 

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy


Aku terbiasa memasukan pakaian bersih dalam kantong tersendiri. Tujuannya ya agar nggak tercampur aduk sama barang bawaan lain. Mengakali agar space di ransel atau koper lebih banyak barang juga. 



Selain itu aku juga bawa beberapa tas atau kantong lagi saat travelling untuk memasukan baju kotor nantinya.


Tujuannya? Ya biar nggak ada bau tak sedap yang menyebar ke segala penjuru ransel. Hehe

Demi kebaikan alam kita bersama,  aku nggak menyarankan pakai tas kresek atau kantong plastik ya gaes. Kalau bisa ya kurangin lah penggunaan kantong plastik ini.. Huhu toh ya ujung-ujungnya bakalan kalian buang kan kantong plastiknya? 

6. Obat Pribadi + Pembalut

Menjaga stamina tubuh juga penting banget biar makin #SiapDijalan dan Supaya tetap Santuy saat liburan atau travelling


Meski berangkat dalam stamina tubuh yang oke, tetap jangan mengabaikan dan lupa bawa obat-obat pribadi saat liburan jika emang dirasa punya history sakit yang sering datang tiba-tiba seperti maag atau migrain. 
#SiapDijalan Supaya tetap Santuy


Terutama buat cewek nih. Jika sudah memasuki masa atau tanggal-tanggal “period atau datang bulan” wajib hukumnya buat bawa pembalut kemana-mana. 



Inget coba, kapan terakhir kali datang bulan. Siklus menstruasi ini normalnya 28 hari kan say, jadi bisa kalian hitung deh.  Pastilah kalian udah hafal siklus menstruasi kalian biasanya berapa hari. Note this stuff ya gaes! 

7. Tisu basah / Kering / Handsanitizer#SiapDijalan Supaya tetap Santuy

Bagiku, seorang cewek traveller, membawa handsanitizer atau minimal tisu kering dan basah itu wajib. Apalagi saat aku menuju destinasi wisata outdoor seperti wisata alam dan lain sebagainya. Travelling ke destinasi wisata seperti itu sudah tentu dong akan memaksa kita untuk berhubungan dengan seabrek hal yang kurang bersih atau higienis. Mulai dari kotoran atau debu dari apa pun yang kita sentuh sampai debu yang memang beterbangan terbawa angin.



Dan nggak mungkin kita saat travelling nggak butuh makan atau nyemil. Nah kalau sedang di perjalanan atau di dalam kendaraan (transportasi) dimana kita nggak bisa cuci tangan sewaktu-waktu, mengambil handsanitizer atau minimal tisu adalah solusi terbaik.

Nggak perlu merasa lebay dan anti sama hal-hal yang terlihat kotor juga sih. Berani kotor kan katanya baik. Hehe. 

Makanya nggak perlu berlebihan takut sama yang kotor-kotor gitu. Yang penting kita kan punya alat buat ngebersihinnya. 


8. Gadget Dan Perangkat Pendukungnya

Salah satu barang terpenting yang tentu harus dibawa saat travelling terutama untuk cewek ya pastilah gadget.  Hehe


Liburan tentu akan terasa makin sempurna jika kita bisa mengabadikan momment-momment berharga dengan gadget dong. Mau itu kamera profesional atau pun handphone. 

Apalagi di jaman serba media sosial dimana kita bisa sharing foto apapun disana. Yang terbiasa upload instastory pasti gatel dong kalau nggak posting foto atau video liburan disana. Hehe



#SiapDijalan Supaya tetap Santuy


Nah biar afdol dan tetap #SiapDijalan Supaya tetap Santuy, aku pasti bawa tuh gadget dan seperangkat alat pendukungnya. Nggak lupa aku juga masukan atau packing dalam satu tas atau bag kecil. Jadi pas nyari dan butuh nggak kesulitan. Dan nggak “ketlisut” kalau Bahasa jawanya. Hehe

Gadget dan perangkat yang wajib dibawa:

  • Handphone
  • Laptop – (jika ada kerjaan atau deadline yang harus dikerjakan cepet aja) 
  • Kamera  
  • Charger 
  • Kabel data   
  • Power bank 
  • Earphone atau headset

Nah buat kalian yang belum punya aksesoris gadget seperti powerbankkabel data, atau pun charger nggak usah khawatir lagi. Cukup dengan membuka situs dan atau aplikasi ayomall.com yang bisa kamu download secara gratis lewat Playstore atau App Store. Dari ayomall.com kita bisa bebas memilih dan membeli barang-barang tersebut. 

Ssssstttt, ada banyak pilihan harga juga loh. Demi liburan #SiapDijalan Supaya tetap Santuy, kamu bisa dah lengkap in aksesoris atau gadget kamu dengan ayomall.com

#SiapDijalan Supaya tetap Santuy

Saat ini banyak kategori barang atau stuff yang tersedia dan siap kita bawa pulang dan melengkapi perbekalan kita selama liburan guys. 
Pasti dong ada banyak market place lain selain ayoomall. Tapi yakin bisa mempermudah dan melayani kita kayak ayoomall??

**


Nah itu dia beberapa barang yang aku saranin untuk dimasukan ke list barang bawaan saat liburan.  

Aku yakin karakter tiap traveller pasti akan berpengaruh banget sama barang yang biasa mereka bawa saat liburan. Dan pasti satu dengan yang lainnya punya standart yang berbeda.  

Yang pasti,  semua traveller ingin #SiapDijalan Supaya tetap Santuy Saat Liburan. Bener dongg?? 

So,  yuk dibuat check list lagi barang apapun yang bisa bikin kita happy dan nyaman saat liburan. 



Happy Holiday!! 


RINI NOVITA SARI

3 Shares:
38 comments
  1. Makasih admin, sekarang jadi paham kalau mau travelling barang apa aja yang memang wajib banget untuk dibawa, maklum masih pemula travelling jadi harus cek dan ricek bawaan yang memang wajib dibawa hihihihi ^_^

  2. Blognya kereenn! Sukaaak ama desainnya 😀
    Iya nih, kalo mau traveling, setiap cewe WAJIB BANGET bawa barang2 yg kamu sebutin ituuu.
    Happy Traveling yashhhh
    –bukanbocahbiasa(dot)com–

    1. makasih kak udah mampir…

      hehe iya kak, jangan lupa di bikin list biar tinggal bawa aja nggaka da yg tertinggal, hehe

  3. Dari 8 barang yang wajib dibawa perempuan, ternyata saya ada satu yang suka gak ke bawa, peniti atau jarum hihihi…
    Suka lupa, gak kebawa

    1. ahahah itu barang yang paling srg dilupai emang,, kesannya nggak penting soalnya kak

      tapi pas nggak kebawa sama sekali bisa bingung deh terutama buat yang jilbaban, hehe

  4. Banyak yak bawaan perempuan saat traveling hihi ya mau gimana dong ya.. emang kebutuhan sih ya, mau ngga mau harus dibawa.. aku usahain traveling ngga bawa laptop hohoho karena ngga mau rempong.. nah kalo yang lain aku setuju apalagi handsanitizer.. penting kadang cari air bersih susah kan ya.. atau jauh.. males deh jadinya

    1. hehe iya mbak aku juga klo yg track nya susah kayak gunung nggak bawa..

      cuman sekali pernah ke bromo bawa laptop karena ada deadline kerjaan.

      wkwkw

      untung ke spot yang santuy abis jadi bisa nongkrong lama sambil nikmatin view bromo + garap kerjaan . haha

  5. barang bawaannya simple dan sesuai kebutuhan. Dulu bisa banget pergi cukup dengan tas ransel dengan barang-barang kayak diatas, sekarang udah punya anak gak pernah mau lagi pergi-pergi. ribet bawanya hahaha

    1. dulu dulu banget aku juga cuek mbak, berangkat asal berangkat, eh jatuhnya boros di lokasi wisata apa apa harus beli dulu, wkwkw kapok akhirnya

  6. Lengkap banget nih barang bawaannya buat travelling dan yah semuanya penting. Apalagi sebagai cewek, perlengkapannya memag lebih banyak hehe

    1. wah kalau uah bawa baby beda lagi ya mbakkk siskaaa,,

      banyak banget pasti yang masuk list bawaan itu :p

  7. Bingung nih mau ngapain Minggu pagi. Suami kerja. Anak2 udah berangkat pagi2 kegiatan kampus. Trus bw aja nih ke blog2 menarik pas hari blogger nasional. Btw nama pantainya kok lucu, Ngudel. Ada udelnya betulan kah? Wkwkwk kidding.

    1. selamat hari blogger nasional mbak hihi

      wkwkkw iya mbak jadi ditengahnya itu ada batu karang besar trus ada lubang di bagian bawahnya. wkwk kayak udel gitu :p

  8. Nah yang peniti ini aku ga pernah bawa tapi dibawain suami. Alhamdulillah punya patner hidup itu menyenangkan

  9. Hampir semua barang diatas saya bawa kak kalau traveling , kalau laptop sendiri mikir2 sih kalo tempatnya kaya pegunungan dan melewati track yang sensitif ga aku bawa hehe soale lumayan berat yes.

    1. ahhaha iya mbk laptop mah untuk case tertentu aja, dan klo emang lagi ada deadline yang nggak bisa dihindari. wkwk

  10. Kalau ibu2 pasti bawaannya lebih banyak lagi he he. Tapi kalau kamera itu wajib ya untuk mengabadikan momen dan pemandangan menarik

  11. Kurang lebih sama sih listnya kalau pas bepergian mesti bawaan lengkap. Oh ya, satu lagi yang mesti dibawa, tumbler, sekalian mengurangi pemakaian botol plastik.

  12. Kok bisa samaan ya barang wajibnya. Terutama peniti dan tuspin nih, haduuhh kalau ga bawa cadangan bisa cilakak ketika yang ada di kerudung jatuh karena satu dan lain hal.
    Ga bawa plastik juga repot, bingung mau naruh baju kotor dimana. Trus kalau pas lagi mens juga bermanfaat bawa plastik gini, bisa untuk naruh dulu kalau pas travelingnya ke pelosok yang jarang banget nyediain tempat sampah.

    1. oh iya bener mbak , plastik berfungsi banget buat itu 😀 maklum wanitaaa..
      peniti itu jgn smpe terlupa, soalnya klo bawa 1 sering ilang.haha

  13. Nah pembalut nih yang kadang saya lupa dan kelabakan kalau pas di jalan lagi banyak banyaknya
    Tips di atas menarik dan memang dibutuhkan

  14. Kalau traveling aku paling enggak ketinggalan sama obat pribadi mbak. Karena suka susah carinya kalau beli di tempat lain.

  15. Aku pun wajib banget bawa power bank kalau pas lagi traveling. Ternyata banyak juga keunggulan dan kemudahan berbelanja di ayomall ya, kak.

  16. Aku pernah ketinggalan pouch makeup sewaktu traveling. Jadi bete karena kemana mana pucet abis.

    yang paling sedih jadi nggak pakai sunscreen padahal itu penting banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.