Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya – Bakmi Jogja Daridjo


Hai hai hai, lama nih enggak review makanan. Kali ini saya mau balik lagi nih
review tentang salah satu makanan dan tentu saja review penuh dengan kejujuran.
ceelah.


Tahu dong saya ini kan orang Jawa Tengah ya, jadi tentu saja selera makanan
yang cocok di mulut saya itu yang agak ada manis-manisnya gimana gitu (mau
bilang semanis yang nulis tapi takut dibully ah) haha. Jadi kali ini
lagi-lagi saya akan ngreview salah satu makanan favorit saya yaitu bakmi
Jogja. 

What? bakmi Jogja?? Di mana tuh? Emang lagi liburan ke Jogja?

Jawabannya
adalah TIDAK. Saya masih di Surabaya kok. hehe 
Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo


Jadi saya selalu merasa beruntung gitu kalau tiba-tiba menemukan salah satu
makanan khas Jawa Tengah secara tidak sengaja. Pasalnya, masih jarang tuh
beredar makanan-makanan khas Jawa Tengah di kota pahlawan yang satu ini. Padahal bagi perantau-perantau asal Jawa Tengah seperti saya ini tuh sering
loh merindukan masakan-masakan berbau khas Jawa Tengah. Tentu saja kalian tahu kan makanan Jawa tengah yang lebih identik
dengan rasa manis gitu. 


Eh, yang baca ada yang orang Jawa Tengah enggak nih? Sering
enggak sih kalian tiba-tiba kangen gitu sama masakan khas sekalian?

Jadi singkat cerita, mulai awal bulan Juli ini saya mulai memberikan les privat
lagi kepada salah satu anak sekolah yang sedang mempersiapkan ujian untuk tahun
depan. Tepatnya saya memberikan les privat di daerah Cipta Menanggal Surabaya.
Aktivitas ini saya lakukan pulang kerja dari jam 06.00 sampai jam 08.00 malam.
Tentu saja dong saya butuh asupan makanan untuk mempersiapkan tenaga guna berbagi ilmu kepada adik yang satu ini. 



Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo
Jadilah saya
muter-muter cari tempat makanan di sekitar rumah anak yang saya berikan les
privat tersebut. Dan betapa bahagianya saya ketika melihat plang nama
bertuliskan Bakmi Jogja. Dan tanpa pikir panjang lagi dong saya langsung parkir
kendaraan saya dan masuk ke warung serta melihat menu- menu yang disajikan
di sana. 

So, yuk langsung kita review tentang tempat makan satu ini.

NAMANYA BAKMI JOGJA DARIDJO
Hmm…
Dari namanya aja sudah bikin saya penasaran lho. Berharap banget bisa ngerasain
makanan yang benar-benar bahasa Jogjanya di Surabaya. Sebelumnya saya pernah mencoba bakmi Jogja Trunojoyo yang berada di sekitar daerah Tunjungan
Plaza sana. Namun menurut saya sih masih kurang Jogja ya masakannya 
nggak tau kenapa. apa lidah saya ya yang error. Entahlah kapan-kapan dicoba lagi. Meski begitu, suasanya tempatnya udah Jogja banget tu. Keren. 


Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo

Jadi warung bakmi Jogja dari jauh ini baru buka loh sekitar 6 bulanan lalu. Informasi
ini saya tanyakan langsung kepada penjaga tempat makannya karena saya penasaran. Kenapa penasaran? Soalnya tempatnya masih bersih, bagus, rapi, meja dan kursinya pun masih terlihat
baru. Enggak ada kumuh-kumuhnya sama sekali. terlihat dijaga banget sih kebersihannya. SUKAK!

Jadi
meskipun namanya warung sebenarnya nggak terlalu terkesan sederhana Ya. Ya warung sih, namun jangan dibayangin seperti warung kaki
lima biasa ya. Konsep tempat makannya seperti di ruko gitu loh yang mungkin
tempatnya pun juga sewa. Tapi enak gitu dilihatnya.


BACA JUGA:

Mangut Lele Bu Is, Bantul Jogjakarta – Kuliner Jogja Yang Menggoda
Mie Ayam Tumini Jogjakarta : Kelezatan Yang Fenomenal
Magelangan Dan Bakmi Djawa Mbah Hadi Yang Melegenda di Jogjakarta

MENU DAN HARGA DI WARUNG BAKMI JOGJA DARIDJO


Untuk harga sih menurut saya nggak terlalu mahal ya. Wajar sih. Warung kaki lima
atau nasi goreng dan mie yang ada di pinggir jalan pun paling cuman selisih dua
ribu tiga ribu dibanding tempat ini. Dengan tempat yang masih bisa buat nongkrong kemudian kondisi
yang masih bersih dan menu makanan yang cukup beragam menurut saya harganya
masih standar.

menu dan harga Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo
Sejauh
ini saya sudah mencoba 2 menu yaitu bakmi goreng dan juga nasi goreng. Uh
beneran Alhamdulillah saya cocok sama bakmi goreng nya. Maknyus gitu di lidah.
Berasa manis sama gurihnya. 
Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo
Dan yang saya suka ada taburan daun bawang
dan juga bawang goreng yang masih kriuk-kriuk asik itu. Bener-bener menambah
kenikmatan bakmi ini sih.

Bakmi gorengnya itu pakai mie kuning dan enggak gepeng gitu loh.  Dimasaknya agak nyemek-nyemek dengan telur yang tentunya sudah di orak arik sebelumya.  Berasa manis dan gurihnya itu nyatu dan pas banget.  Enggak kemanisan yang sampai bikin enek.  Belum lagi karena taburan bawang goreng yang masih fresh itu.  Jadi sedep betul. 

Kalau untuk nasi gorengnya menurut saya dari 1-10 mungkin saya
kasih nilai 7. Enak, cuma tidak sampai membuat saya Terpukau sama
rasanya. Kalau bakmi goreng yang favorit deh saya berani kasih nilai 8,5 mepet 9. Hehe
Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo


Es teh, haha simple tapi es teh itu penting loh.  Karena Enggak semua warung bisa
menyajikan es teh yang enak rasanya. Ya nggak sih? Dengan harga Rp4.000 saya
beri nilai 9,5, Mantap gak tuh. Wakakaka segala es teh aja di kasih
nilai.

Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo


Oh ya selain menu menu utama tersebut warung ini juga menyediakan snack ringan
seperti kacang, usus kering, kerupuk dan lain-lain loh. Bisalah disantap selagi
menunggu menu utama yang kita pesan siap dihidangkan.

Saya kan
masih lama ya waktu untuk mengekspresikan adik yang satu ini. Jadi pasti nanti saya mau coba menu yang lain seperti bakmi kuah atau godok dan juga tongseng
nya. Duh nggak sabar.
LOKASI BAKMI JOGJA DARIDJO
Bakmi Daridjo ini berlokasi
di Jl. Cipta Menanggal VI No.9, Menanggal, Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur.
Lokasinya enggak jauh kok dari Masjid Agung Surabaya. Di daerah Cipta Menanggal sana.
Dekat sama Rusun Menanggal. Gampang kok dicari search di Google juga sudah
langsung nunjukin Maps nya



BACA JUGA:
Mangut Lele Bu Is, Bantul Jogjakarta – Kuliner Jogja Yang Menggoda
Mie Ayam Tumini Jogjakarta : Kelezatan Yang Fenomenal
Magelangan Dan Bakmi Djawa Mbah Hadi Yang Melegenda di Jogjakarta
JAM BUKA BAKMI JOGJA DARIJO
Everyday dari jam 10.00-21.30  


Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo
MINUSNYA?


Eh iya yang kurang
memperkuat nuansa khas Jogja yaitu cara masaknya yang masih menggunakan kompor
gas. Coba pakai tungku atau arang gitu pasti akan memperkuat nuansa Jogjanya deh. Setuju enggak? Tapi mungkin si pemilik warung juga punya pertimbangan sendiri ya
kenapa enggak memakai arang atau pun tungku seperti layaknya warung warung bakmi
yang ada di Jogja situ. 
TEMPAT DAN SUASANA BAKMI JOGJA DARIJO

Seperti yang sudah dibahas di atas saya suka sih sama konsep desain terus tembok
tembok anyam nya, serta tempat duduknya. Warung sederhana tapi bisa bikin betah loh
nongkrong di situ. Apalagi jika kita membawa teman teman atau orang orang
kesayangan. 
Menyantap Bakmi Jogja Di Surabaya - Bakmi Jogja Daridjo

Eh iya, dua kali
saya ke sana putar musik musik Jawa loh kayak instrumen-instrumen gitu. Makin
enak kan suasananya. 


Gimana teman-teman
minat nggak buat incip-incip bakmi Jogja dan makanan has Jogja lainnya di
warung ini?: Kalau saya sih yes. hehe

Udah deh segini
dulu. Malam-malam ngomongin makanan gini aja bisa bikin saya gendut loh. Parah
nih hehe.

Good night and see you. Sampai jumpa di review makanan selanjutnya.
Thankyou
RINI
NOVITA SARI
@rinie_noe

3 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.